Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong

DPMG Aceh melatih 1726 Pendamping Lokasi Desa

Kategori : Satker P3MD Senin, 17 September 2018 - Oleh admin

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Senin 03 September 2018 telah menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa (PLD) Proram Inovasi Desa Tahun 2018. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Grand Permata Hati, Banda Aceh mulai tanggal 03 September 2018 s.d. 07 Oktober 2018 dalam 7 gelombang. Pendamping Lokal Desa yang dilatih seluruhnya berjumlah 1.726 orang yang tersebar di seluruh Aceh.

Melalui Kegiatan ini diharapkan peserta akan mampu memahami program inovasi desa sekaligus memfasilitasi pelatihan bagi kader-kader desa terkait Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh dalam hal ini diwakili oleh Drs. MOHAMMAD IRFAN, M.Si selaku Kepala Bidang Pemerintahan Mukim dan Gampong yang membuka rangkaian acara tersebut, menyampaikan bahwa program  inovasi  desa  (PID)  dirancang  untuk  mendorong  penguatan kapasitas desa yang diorientasikan untuk memenuhi pencapaian target rpjm kemendesa pdt dan transmigrasi yang  terumuskan  dalam  kebijakan  program  prioritas  menteri  desa  PDT dan transmigrasi,  dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di gampong-gampong melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia termasuk pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa.

Beliau juga mengharapikan semua unsur yang terlibat dalam  pelatihan ini baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten/kota agar mendukung secara penuh program ini yang akan melahirkan inovasi-inovasi yang tepat dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat gampong.