Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong

Rakor Pemberdayaan Adat Dan Budaya Aceh (PABA)

Kategori : Bidang PEMG Rabu, 19 September 2018 - Oleh admin

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Senin 03 September 2018 telah menyelenggarakan kegiatan Rakor Pemberdayaan Adat dan Budaya Aceh (PABA). Kegiatan tersebut diselenggarakan mulai dari tanggal 03 September 2018 sampai dengan 05 september 2018 bertempat di Hotel Kuala Radja.
Kegiatan ini diikuti oleh 56 peserta yang terdiri dari unsur Lembaga Wali Nanggroe, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, DPMG Aceh, MAA, Biro Organisasi Setda Aceh, LSM, Kepala Bidang yang menangani Pemberdayaan Adat dan Budaya pada DPMG Kabupaten/Kota dan Ketua MAA Kabupaten/Kota.
Melalui Kegiatan ini diharapkan dapat Membangun Keterpaduan Program/Kegiatan Pelestarian Dan Pengembangan Adat Istiadat Dan Budaya Aceh Di Provinsi Dan Kabupaten/Kota Se-Aceh.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, yang dalam hal ini diwakili oleh Plt. Sekretaris, Ruksana, SP, M.Si yang membuka rangkaian acara tersebut mengatakan bahwa dalam konteks kegiatan hari ini, mari kita satukan persepsi dan tekad untuk terus melestarikan adat budaya sebagai identitas diri kita dengan cara berkoordinasi dan bersinergi data dan informasi berkaitan dengan adat budaya yang ada di kabupaten/kota.
Beliau juga mengharapkan peran aktif peserta dalam mengisi pendataan database lembaga adat, kelompok kesenian serta adat dan budaya aceh di lingkup Kab/Kota masing-masing. Kedepannya Data base ini akan kita modifikasi dalam bentuk “buku pelestarian adat, adat istiadat, dan nilai sosial budaya masyarakat aceh”, yang diharapkan akan menjadi gambaran keberagaman adat istiadat dan masyarakat adat kabupaten/kota yang ada di aceh.
Kedepannya data tersebut dapat menjadi bahan masukan untuk menyempurnakan draft pergub aceh tentang penetapan desa adat dan mukim sebagai kesatuan masyarakat hukum adat yang saat ini sedang disusun oleh tim pokja pelestarian adat dan budaya aceh.
Rangkaian kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh narasumber dari Kasi Penataan Desa Direktorat Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI dan Direktur Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh.