Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong

DPMG ACEH GELAR WORKSHOP PENGUATAN KELEMBAGAAN MUKIM SE-ACEH TAHUN 2018  

Kategori : Bidang PMG Selasa, 30 Oktober 2018 - Oleh admin

 

Banda Aceh, Selasa 30 Oktober 2018 Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan gampong Aceh Drs. Bukhari,MM memberikan Arahan serta membuka Workshop Penguatan Kelembagaan Mukim Tahun 2018 yang dihadiri  oleh 23 Orang Peserta Perwakilan Imum Mukim Kabupaten/Kota Se-Aceh di Hotel Rasamala Banda aceh.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Drs. Bukhari, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada dasarnya, Mukim di aceh memiliki peran yang sangat besar, tidak hanya berfungsi sebagai pemangku adat semata namun lebih sebagai unit pemerintahan. pada hakekatnya ada tiga poin penting terkait keberadaan imum mukim, yaitu : pertama, transformasi lembaga mukim dari institusi informal menjadi institusi formal. kedua, identifikasi dan pemanfaatan modal sosial pada lembaga mukim. bahwa mukim di aceh terdiri dari masyarakat adat yang memiliki modal sosial sesuai tingkat dan tataran tertentu yang erat kaitannya pada konteks pengelolaan sumber daya di gampong. ketiga, berlangsungnya interaksi mukim dengan gampong-gampong dan organisasi perangkat daerah pemerintahan di aceh saat ini. arah percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di aceh mengharuskan lembaga mukim agar dapat berinteraksi dengan institusi lainnya.

Untuk itu Beliau berharap dalam pemberdayaan mukim sebagai lembaga adat yang memiliki peran dan fungsi strategis dalam mendorong akselerasi tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.