Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong

DPMG ACEH GELAR SOSIALISASI PEMANFAATAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM (SDA) GAMPONG TAHUN 2018  

Kategori : Bidang KSDATTG Minggu, 11 November 2018 - Oleh admin

 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh menyelenggarakan kegiatan Sosialisai Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) Gampong. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 10-12 November 2018 di 2 Kabupaten berbeda, Aceh Barat Daya dan Nagan Raya. Kegiatan yang bertemakan “Melalui Sosialisai Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) Gampong Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Menuju Gampong Yang Mandiri Dan Sejahtera” ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari aparatur gampong, tenaga ahli di bidang sumber daya alam (TTG) dalam kecamatan di kabupaten Aceh Barat Daya dan Nagan Raya  yang tugas dan peranannya terkait dengan pengelolaan sumber daya alam gampong.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Kawasan, Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna, Drs. Wardana, M.Si, dalam membuka kegiatan menyampaikan bahwa Potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang tersebar di daratan dan lautan cukup besar belum dapat dipergunakan sepenuhnya bagi kesejahteraan seluruh masyarakat gampong. pengalaman menunjukkan bahwa pemanfaatan SDA yang dilaksanakan selama ini dilakukan secara tidak efisien, berorientasi pada kepentingan jangka pendek dan kurang memperhatikan kaidah-kaidah pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, sehingga mengakibatkan terjadinya pengrusakan lingkungan secara tidak terkendali.

Pengelolaan sumber daya alam harus dilakukan secara terpadu dengan meningkatkan peranan masyarakat beserta segenap pemangku kepentingan dalam kegiatan pemanfaatan sumber daya alam dengan tetap menjaga kelestariannya upaya menciptakan kawasan permukiman gampong yang sehat, serasi, produktif dan berdayaguna demi kelangsungan hidup masyarakatnya. Beliau pun mengharapkan kepada peserta sosialisasi agar dapat mengikuti kegiatan ini penuh tanggung jawab dalam menyamakan persepsi serta sinergisitas sehingga dapat diterapkan di daerah masing-masing, sehingga tujuan kegiatan sosialisasi ini dapat tercapai.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Narasumber yang teridir dari para pejabat Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Tenaga Ahli Unsyiah dan Bappeda Kabupaten yang masing-masing mensosialisasikan terkait Arah Kebijakan Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Optimalisasi dan Pengembangan Sumber Daya Alam untuk Pembangunan Kawasan Pedesaan,   Perencanan Pembangunan Kawasan Dengan Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pengembangan Sumber Daya Alam Melalui Teknologi Tepat Guna untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat.