Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong

DPMG ACEH GELAR RAPAT KOORDINASI POKJANAL POSYANDU SE-ACEH

Kategori : Bidang PEMG Kamis, 15 November 2018 - Oleh admin

Kepala DPMG Aceh, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembangunan dan Evaluasi Mukim dan Gampong, Ruksana, SP, M.Si membuka Rapat Koordinasi (Rakorda) Pokjanal Posyandu se-Aceh. Rakorda yang diikuti 54 orang peserta tersebut diselenggarakan selama 3 hari mulai dari 14-16 november 2018 bertempat di Hotel Kuala Radja. Kegiatan rakorda ini menjadi momentum untuk memantapkan komitmen dan menyamakan persepsi berbagai kebijakan dalam pelaksanaan tugas pokjanal posyandu di aceh dan sebagai sarana evaluasi, sinkronisasi, koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi pokjanal posyandu provinsi kabupaten/kota dalam upaya pengembangan posyandu terintegrasi dan penanganan stunting di provinsi aceh.

Kepala Bidang Pembangunan dan Evaluasi Mukim dan Gampong yang mewakili Kepala DPMG Aceh dalam membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa berdasarkan komitmen Pada rakorda pokjanal posyandu dua tahun yang lalu, bahwa seluruh posyandu akan diintegrasikan setidaknya 40 % dari 7.011  posyandu yang ada di aceh dan hari ini. Alhamdulillah berdasarkan data yang didapatkan dari DPMG kabupaten/kota bahwa pokjanal posyandu kabupaten/kota telah melaksanakan tugas pengintegrasian layanan sosial dasar posyandu di wilayahnya masing-masing sesuai komitmen tersebut sehingga saat ini sudah banyak posyandu yang telah terintegrasi. Hal tersebut tentu sangat menggembirakan mengingat posyandu merupakan salah satu fungsi layanan dasar pada masyaraakat.

Hal penting lainnya yang harus menjadi pemikiran bersama pokjanal posyandu provinsi dan kabupaten/kota adalah terkait stunting. Saat ini stunting merupakan isu strategis baik di tingkat nasional maupun di skala provinsi yang harus kita pikirkan bagaimana pencegahan dan penanganannya. Ditambahkan provinsi Aceh juga merupakan daerah yang rawan pangan dan stunting.

Untuk itu Beliau juga mengharapkan agar kegiatan rakorda ini dapat berlangsung secara produktif dan menghasilkan rekomendasi dalam pembinaan posyandu terutama dalam penerapan posyandu terintegrasi dan penurunan stunting di provinsi aceh.

Kegiatan yang bertemakan “Melalui Rapat Koordinasi Daerah Pokjanal Posyandu Se Aceh Tahun 2018,  Kita Perkuat Tugas Dan Fungsi Pokjanal Posyandu Provinsi Dan Kabupaten/Kota Untuk Pengembangan Posyandu Terintegrasi Dan Penurunan Stunting Di Provinsi Aceh”, juga turut menghadirkan nara sumber yang akan yang terkait erat dengan dengan penguatan pokjanal posyandu, pengembangan posyandu terintegrasi dan stunting, yaitu dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Gampong Aceh; Dinas Kesehatan Aceh; Dinas Pangan Aceh;    Juru Bicara Pemerintah Aceh; Unicef Perwakilan Provinsi Aceh; dan Konsultan Jaringan Kerja Masyarakat Adat Aceh.