Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong

PENCAIRAN DANA DESA KABUPATEN NAGAN RAYA CAPAI 100%

Kategori : Bidang PEMG Rabu, 11 Desember 2019 - Oleh admin

BANDA ACEH - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh (DPMG) Aceh, Azhari SE MSi memberikan apresiasi kepada Kabupaten Nagan Raya, karena seluruh desa yang berjumlah 222 desa telah menerima Dana Desa tahun 2019.

 

Hal itu disampaikan Azhari saat memberi laporan saat pembukaan Rapat Koordinasi Provinsi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Tahun 2019, yang berlangsung di Amel Convention Banda Aceh, Jumat (29/11/2019).

 

Dalam laporannya, Azhari mengungkapkan bahwa masih terdapat 9 desa belum menerima Dana Desa tahap I, 17 desa belum melakukan pencairan Dana Desa tahap II, serta sebanyak 4.641 desa dari 22 kabupaten/kota yang belum melakukan pencairan Dana Desa tahap III.

 

“Secara keseluruhan, dari 6.497 desa yang ada di 23 kabupaten/kota, hanya 52,2% telah menerima Dana Desa hingga tahap III,” sebut Azhari.

 

Dari seluruh kabupaten/kota itu, lanjutnya, hanya Kabupaten Nagan Raya yang seluruh desanya telah mencairkan dana desa.

 

“Saya berikan apresiasi kepada Kabupaten Nagan Raya karena seluruh desa yang berjumlah 222 desa telah menerima Dana Desa tahun 2019,” ujar Kepala DPMG Aceh ini.

 

Selanjutnya, Azhari juga menegaskan bahwa percepatan APBD Tahun 2020, harus diselesaikan selambat-lambatnya pada 30 Desember 2019. Dengan demikian, diharapkan dapat meminimalisir kendala-kendala yang menjadi penghambat realisasi Dana Desa seperti tahun-tahun sebelumnya.

 

Karena itu, ia mengharapkan, dari rapat koordinasi ini pihaknya dapat berkoordinasi dengan seluruh Kabupaten/Kota untuk bersama-sama melakukan upaya dan antisipasi terhadap kendala-kendala pada program pembinaan dan inovasi desa yang akan dilakukan.

 

Dengan segenap permasalahan dan hanya tersisa 23 hari lagi untuk merealisasikan Dana Desa tahun 2019, diakuinya hal ini menjadi tantangan yang cukup berat bagi seluruh stakeholders.

 

“Namun kita akan berupaya sekuat tenaga agar serapan Dana Desa Tahun 2019 bisa optimal dan tidak menyisakan SiLPA yang besar,” ujar Azhari.