Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong

273 Gampong Tuntaskan APBG

Kategori : Sekretariat DPMG Aceh Senin, 03 Februari 2020 - Oleh admin

Banda Aceh- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Azhari Hasan, mengungkapkan, hingga kamis (30/1/2020) sudah 1152 gampong yang telah mencapai kesepakatan terkait Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG).

Dari jumlah itu, sebanyak 134 gampong telah memposting APBG di aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan 373 gampong yang telah menetapkan Qanun APBG. "Hingga kamis, sudah 20 gampong yang telah menerima pencairan dana desa tahap I, dan 26 gampong yang sedang dalam proses pengajuan ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara)," ungkap Azhari.

Dalam kesempatan itu ia juga mengaku bersyukur atas tercapainya target pencairan Dana Desa tahap I di bulan Januari. Sebab, sejak 5 tahun terakhir, dana desa baru bisa dicairkan rata rata pada bula Juni. "Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendorong percepatan realisasi ini," kata Azhari.

Selanjutnya ia menambahkan, Tim DPMG Aceh akan terus membantu upaya percepatan pengajuan usulan dana desa ke KPPN dengan turun langsung mendampingi dan melakukan edukasi tentang proses evaluasi R-APBG bersama DPMG Kabupaten/Kota dan para Camat.

Dengan semakin cepatnya cair dana desa tahap I sebesar 40% atau sebesar Rp 2 triliun di awal tahun anggaran, tentunya akan berpengaruh signifikan dalam mendorong percepatan aktivitas ekonomi dan pembangunan di gampong," pungkas Kepala DPMG Aceh ini. (yos)

Tayang Serambi Indonesia edisi Jumat (31 Januari 2020)